Minggu, 11 Maret 2012

SEARCH ENGINE (Mesin Pencari)

1. Google
Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan saham pasaran sebanyak 53,6%. Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

Kelebihan dari search engine Google diantaranya: 
a. banyak digunakan oleh kebanyakan orang,
b. dalam pencariannya memuat foto, video dan file yang bersangkutan,
c. dapat menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman berbahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia, dan
d. pada web browser Google merupakan mesin pencari default
Sedangkan untuk kelemahannya yaitu:
a. mudah diserang oleh hacker,
b. terkadang apa yang dicari tidak sesuai dengan pencarian yang didapatkan, dan
c. terkadang muncul situs yang mengandung virus.

2. Yahoo   
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc. yang dirintis oleh oleh David Filo dan Jerry Yang. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.Dua mahasiswa teknik tersebut mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).

Kelebihan dari Yahoo! diantaranya:
a. pada halaman awal terdapat berita terbaru berdasarkan negara asal pengguna,
b. terdapat ranking dari pencarian terpopuler, dan
c. terhubung langsung dengan email Yahoo! 

Kekurangan Yahoo! diantaranya:
a. hasil pencarian tidak terlalu lengkap, dan
b. loading saat membuka halaman awalnya lebih lama dibanding dengan Google atau Bing karena content yang lebih banyak di dalamnya.

3. Live Search 
Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.

Dampak Negatif dari Live Search adalah :
1. Pornografi,
2. Penipuan, dan
3. Kecanduan.
 
Dampak Positif dari Live Search adalah :
1. Sumber Informasi,
2. Kemudahan Memperoleh Informasi, dan
3. Kemudahan Berbisnis.

4. Web Crawler   

Web crawler adalah sebuah program/script otomatis yang memproses halaman web. Sering juga disebut denganweb spider atau web robot. Ide dasarnya sederhana dan mirip dengan saat anda menjelajahi halaman website secara manual dengan menggunakan browser. Bermula pada point awal berupa sebuah link alamat website dan dibuka pada browser, lalu browser melakukan request dan men-download data dari web server melalui protokolHTTP.Setiap Hyperlink yang ditemui pada konten yang tampil akan dibuka lagi pada windows/tab browser yang baru, demikian proses terus berulang. Nah sebuah web crawler mengotomatisasikan pekerjaan itu.
Kesimpulannya, dua fungsi utama web crawler adalah:
  1. Mengidentifikasikan Hyperlink.
Hyperlink yang ditemui pada konten akan ditambahkan pada daftar visit, disebut juga dengan istilahfrontier.

  2. Melakukan proses kunjungan/visit secara rekursif.
Dari setiap hyperlink, Web crawler akan menjelajahinya dan melakukan proses berulang, dengan ketentuan yang disesuaikan dengan keperluan aplikasi.
 
Khusus untuk proses perulangan pengunjung hyperlink, dapat terjadi spider trap, yaitu proses berulang tanpa akhir karena Web crawler terperangkap untuk terus melakukan pencarian dalam jumlah tak terbatas. Hal ini dapat terjadi secara tidak sengaja maupun sengaja.Ketidak sengajaan dapat terjadi karena terdapat kesalahan pada desain program web crawler sehingga membaca ulang hyperlink yang sudah diakses, atau sebuah website secara tidak sengaja memiliki halaman dinamis yang tak terbatas, contohnyahalaman dinamis yang tercipta berdasarkan tanggal kalender.Kesengajaan dapat terjadi jika website memang dirancang untuk melumpuhkan Web Crawler, misalnya dengan membuat halaman dinamis dengan angka tak terhingga.Selain pengambilan konten untuk kepentingan tertentu. Web Crawler juga dapat mengakibatkan kerugian lain bagi pemilik website. Antara lain penggunaan resource yang meningkat, seperti pemakaian bandwidth dan CPU server, apalagi jika dua atau lebih web crawlermengakses website yang sama.Salah satu solusinya, terdapat suatu standar untuk administrator website yang disebut dengan protokol Robots.txt, untuk menentukan bagian mana dari website yang tidak ingin diakses oleh web crawler.

5. Looksmart
Looksmart adalah layanan mesin pencari yang menarik itu agak sulit untuk mengklasifikasikan hanya sebagai "mesin pencari." Didukung oleh Wisenut, dengan lebih dari 180 situs pencarian vertikal, alat bookmark dan berbagi (Furl), dan artikel mereka sendiri mesin pencari (FindArticles.com), LookSmart memiliki banyak untuk menawarkan pencari apapun.

Looksmart Tips Pencarian
Looksmart memiliki banyak untuk menawarkan. Untuk menunjukkan Anda hanya apa yang saya maksud, kita akan melakukan pencarian sampel untuk keju. Hasil pencarian untuk keju membawa kembali banyak pilihan pencarian di Looksmart.Pertama, jelas saya memiliki hasil Web umum, tetapi jika aku ingin mendapatkan lebih dalam dalam dunia keju, saya dapat:
melihat apa yang orang lain ditemukan dengan Furl: hasil ini apa yang orang lain Furl-red dan tersedia untuk umum. melihat apa yang ada di artikel FindArticles: tidak mengherankan ada beberapa artikel tentang keju ke arah FindArticles. Hasil berita Looksmart: menemukan berita tentang keju, sekarang ada sebuah artikel tentang seorang wanita makan 26 sandwich keju panggang.
 
Looksmart Vertikal Cari
Selain itu, aku bisa juga mencari keju di saluran vertikal Looksmart di mesin pencari, apa pun dari Tech untuk Auto dibahas di sini. Berdalih hanya saya dengan Looksmart adalah bahwa mereka membuat saluran pencari vertikal agak berdandan untuk menavigasi dalam dan luar, tapi mereka masih layak pencarian-melalui.
 
Looksmart - Sebuah Oldie tapi Goodie
Looksmart telah ada dalam berbagai bentuk sejak Desember 1996, yang membuatnya hanya beberapa bulan lebih muda dari Yahoo (Oktober 1996) dan lebih tua dari Google dengan setidaknya satu tahun. Looksmart terus bergerak maju dalam ruang pencarian dengan bookmark sosial dan alat jaringan sosial seperti Furl dan FindArticles, dan dengan pembukaan dari lebih dari 180 saluran pencari vertikal mereka telah mampu menawarkan banyak untuk pencari. Saya akan senang melihat Looksmart melakukan hal-hal bahkan lebih inovatif dan menjadi lebih dari pemain utama di arena / search engine layanan pencarian.

6. MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

Kelebihan
mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

Kekurangan
1. pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
 
7. Wisenut
Wisenut adalah tanpa embel-embel mesin pencari umum dimiliki oleh Looksmart.Wisenut menawarkan pengalaman, pencarian yang baik padat umum, mereka tidak memiliki banyak di jalan mewah-shmancy hal pencarian, tapi apa yang mereka miliki tampaknya relatif baik dilakukan.
Cara menggunakan Wisenut
Pencarian di Wisenut sederhana, cukup ketik permintaan Anda ke bar pencarian utama dan jauh Anda pergi. Permintaan saya untuk "salju" membawa kembali hasil pencarian dengan link teks dan penjelasan, serta hasil berkerumun di bagian atas halaman hasil pencarian - atau WiseGuide kategori.
Apa WiseGuide?
WiseGuide pada dasarnya mencari saran yang berhubungan dengan apa yang Anda cari - ini cara yang bagus untuk mempersempit atau memperluas pencarian Anda.Misalnya, dalam pencarian saya untuk "salju", sebuah istilah pencarian yang sangat umum, WiseGuide saya saran pencarian jauh lebih bermanfaat.
Wisenut WiseSearch
Wisenut juga menawarkan widget pencarian kecil yang rapi canggih yang mereka sebut WiseSearch, pada dasarnya, mereka membantu Anda Cukup ketik kata kunci dalam kotak ditawarkan, mengatur beberapa parameter dasar, dan Anda mungkin beruntung "pencari seperti seorang ahli." . Ini adalah sintaks pencarian hanya dasar, Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hal itu dalam Pencarian Dasar - Tambah dan Kurangi atau Boolean Dasar.
Wisenut Preferensi
Last but not least saya harus menyebutkan bahwa anda dapat mengatur beberapa preferensi pencarian yang cukup canggih. Anda dapat memilih bahasa apa yang Anda ingin dicari, apa bahasa browser, apakah Anda ingin hasil WiseGuide muncul, hasil clustering, dan banyak lagi. Kebanyakan mesin pencari tidak menawarkan tingkat kustomisasi yang menawarkan Wisenut dalam menetapkan preferensi, ini adalah kejutan yang menyenangkan.
Sementara Wisenut tidak akan memenangkan hadiah untuk bel dan peluit di departemen pencarian, saya menemukan hal yang akan cepat dan relevan. Hasil pencarian pengelompokan - WiseGuide - adalah favorit besar saya sejak saya merasa selalu membantu saya membuat pencarian saya lebih baik. Terakhir, preferensi pencarian Wisenut adalah sangat personal, membuat Wisenut pilihan yang baik untuk kebutuhan umum Anda mesin pencari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar